GABAN.......Menuju Saluran Bersih di Lingkugan Permukiman

Monday - 30 Juli 2018 - Dibaca: 832 kali

Bertempat di Taman Lalulintas Kelurahan Sepinggan, Kecamatan Balikpapan Selatan pada Minggu, 30 Juli 2018 Dinas Pekerjaan Umum bersama Walikota, wakil Walikota, Camat Balikpapan Selatan serta Lurah dan unsur masyarakat setempat melaksanakan perkenalan program GERAKAN BERSIH SALURAN (GABAN) dan sekaligus melakukan kegiatan bersih-bersih saluran dibeberapa titik saluran yang berada dikelurahan Sepinggan.

Program inovasi yang digagas oleh Kepala Bidang Sumber Daya Air DPU Ibu Rita ini langsung diperkenalkan kepada masyarakat oleh Walikota Balikpapan Bpk. Rizal Effendi, SE. Dalam Sambutannya beliau mengatakan bahwa kesadaran akan bersih lingkungan harus disadari oleh seluruh pihak dan perlu dilakukan secara bekerjasama, baik oleh masyarakat yang tinggal dihulu maupun dihilir aliran.

“Saya mendukung program dari Ibu Rita selaku Kepala Bidang SDA DPU yang dinamakan GABAN (Gerakan Bersih Saluran) dan semoga kegiatan ini terus dapat berjalan mendukung terwujudnya saluran yang bersih dan pada akhirnya mendukung Kota Nyaman Huni” ditambahkan Walikota Balikpapan Bp Rizal Effendi, SE

Bp. Thohari Aziz selaku Anggota DPRD Kota dan Tokoh masyarakat Sepinggan menyambut  bagus adanya program GABAN ini dan ini akan membantu membudayakan kebiasaan  saluran bersih kepada masyarakat dimana akhirnya memberi kontribusi untuk mengurangi adanya            jentik nyamuk dan mengurangi banjir khususnya wilayah selatan dan Kota Balikpapan secara umum

Pasca pelaksanaan launching tersebut langsung diadakan kegiatan kerja bakti permersihan saluran di sekitar kelurahan sepinggan                             yang dilaksanakan oleh masyarakat sekitar bersama unsur pemerintah daerah dan penggagas program inovasi.

Dalam upaya melebarkan program ini agar semakin meluas keseluruh wilayah kota langkah sosialisasi akan dilakukan melalui Sosialisasi Bergerak menggunakan Mobile Unit, Pelaksanaan GABAN di Kelurahan-Kelurahan, Roadshow di seluruh Kecamatan, Sosialisasi melalu Media TV local serta juga menggunakan Media Sosial di Facebook (GABAN_BPN) dan IG (GABANBPN). Dengan semakin meluasnya program Gerakan Bersih Salurah (GABAN) ini diharapkan menciptakan saluran drainase lingkungan yang lancara dan bersih sehingga mewujudkan permukiman yang sehat. (edkun/30.07.18)